cat-right

Konsep: Langkah Awal yang Menentukan

Besar atau kecil, sebuah event layak mendapat sentuhan istimewa. Jika ingin dikenang, sebuah perbedaan haruslah dibubuhkan sebagai torehan kenangan di hati para audiens. Dan untuk semua itu, konsep adalah sebuah langkah awal yang harus dibuat. Dalam pembuatan dan pengembangan konsep ini, ada faktor-faktor dasar yang harus selalu diingat.

1. Jabarkan visi dan misi
Kenapa Anda mengadakan event tersebut adalah sebuah landasan awal. Apa tujuan yang ingin Anda capai? Apakah sebagai wahana edukasi, mempertahankan relasi, reward bagi pelanggan, atau menyampaikan sebuah informasi penting? Semua alasan tersebut akan menghasilkan treatment yang berbeda-beda, terutama pada audiens event. Pemilihan tempat dan waktu juga dapat ditetapkan begitu penjabaran visi dan misi ini dilakukan. Dan tentunya, tantangan yang kira-kira harus dihadapai.

Family Gathering Telkom Jakarta Utara. Dokumentasi Gamacomm

Family Gathering Telkom Jakarta Utara. Dokumentasi Gamacomm

2. Kenali audiensnya
Siapakah orang yang Anda tuju pada event ini? Wartawan politik? Ibu-ibu konsumen alat masak? Mahasiswa pengguna internet? Siapapun itu, kenali mereka. Kenali apa yang mereka suka dan butuhkan, sehingga mereka bersedia datang dan tetap tak beranjak hingga event berakhir. Dari step ini Anda bisa mengembangkan konsep menjadi lebih luas lagi. Apakah konsep acaranya akan casual semacam pesta kebun, atau berkonsep lebih formal di mana perlu dicantumkan dress code.

3. Catat segala kemungkinan
Berdasarkan identifikasi event, catatlah kemungkinan-kemungkinan apa yang Anda punya. Hal ini berkaitan erat dengan faktor teknis, semacam fasilitas, budget, atau mungkin keterbatasan tempat dan waktu. Ini adalah filter akhir setelah Anda mengembangkan konsep melalui dua langkah awal di atas. Pada step akhir ini, Anda harus memilih konsep yang paling pas sekaligus paling mungkin diwujudkan.

Pada akhirnya, rumusan konsep yang dihasilkan akan menjadi panduan dalam masa-masa persiapan dan pelaksanaan. Panduan ini akan sangat bermanfaat dikala perlu dilakukan improvisasi. Misalnya, venue yang ditetapkan ternyata tidak tersedia pada tanggal pilihan. Maka bisa segera diputuskan untuk pindah venue atau memindahkan tanggal, tinggal dipilih yang mana yang paling dekat dengan konsep awal.

Ditulis oleh: Dini W – seputar-eo.com, Mei 2009

[ Dibaca 11738 kali oleh 4781 pengunjung ]


Leave a Reply