cat-right

Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011

Tahun 2011 tampaknya merupakan awal dari era baru teknologi informasi. Gambaran itu tercermin dalam perhelatan pameran Festival Komputer Indonesia 2011 yang diadakan di Senayan, tepatnya di Jakarta Convention Center yang berlangsung 5 hari dari 8-12 Juni 2011. Paling tidak ada dua produk yang menandai gelombang baru teknologi informasi tersebut, yaitu produk tablet berteknologi Android dan jaringan internet nirkabel berkecepatan tinggi (wireless broadband internet).

Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011

Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011

Dipelopori oleh Apple, yang sukses besar melalui Ipad, produk komputer tablet saat ini semakin digandrungi oleh masyarakat. Tak pelak hal ini mengundang minat produsen IT lainnya untuk melayani ke’-gandrungan’ masyarakat akan tablet android ini dan mengekor kesuksesan Ipad. Promosi produk-produk tablet keluaran terbaru merupakan magnet yang disambut antusias oleh pengunjung dan menjadi daya tarik Festival Komputer Indonesia (FKI) kali ini. Setelah sebelumnya hadir Samsung-Galaxy Tab, Axioo-Picopad, dan Ivio. Kini merek-merek baru tablet menghiasi arena pameran antara lain A*Note Cpad, Acer-Iconia Tab, Creative-Ziio dan Toshiba-Libretto. Meskipun ada perbedaan s’edikit dari sisi teknologi pengoperasiannya, namun secara garis besar merek-merek tablet tersebut memberikan manfaat yang besar bagi pengguna dengan tingkat mobilitas tinggi.

Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011
Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011

Fungsi tablet ini akan dirasakan lebih optimal jika kita juga menggunakan wireless broadband (jaringan pita lebar berbasis nirkabel). Melalui wireless broadband, koneksi internet jauh lebih cepat dan lebih stabil sehingga fitur-fitur yang terdapat pada tablet akan berfungsi maksimal. Layanan wireless broadband di Indonesia memang masih tergolong baru, dan perkembangan belum pesat, namun dengan kehadiran produk-produk baru tampaknya akan segera memasyarakat. Salah satu produk terbaru dan bisa dikatakan fenomenal adalah produk Speedy Flash, yaitu penggabungan antara Speedy dan Telkomsel Flash. Kehadiran Speedy Flash meramaikan pasar wireless broadband yang telah dihuni oleh IM2, Smart, AHA, dan Telkomsel.

Speedy Flash merupakan terobosan termutakhir dari PT Telkom Indonesia, Tbk dalam melayani kebutuhan internet masyarakat yang mendambakan akses internet cepat, stabil dan mobile. Melalui penggabungan kedua merek tersebut, kebutuhan pengguna akan internet mobile yang memiliki wilayah jangkauan luas dan keunggulan layanan pita lebar berupa akses cepat dan stabil dapat terpenuhi sekaligus. Sehingga praktis, melalui Speedy Flash, secara langsung Telkom telah merambah ke seluruh pasar internet di Indonesia, tidak hanya wireline broadband saja, tetapi masuk langsung ke wireless broadband bekerja sama dengan Telkomsel, selaku anak perusahaanya.
Pesona Tablet dan Wireless Broadband Internet di Festival Komputer Indonesia 2011

Di samping itu, produk istimewa yang akan menjadi tren di masa depan adalah televisi berbasis internet (atau internet protocol television) yang mulai dipasarkan di pameran kali ini. Jika produsen gadget sekelas Sony, mengeluarkan Sony Internet TV, maka Telkom sebagai pemimpin industri telekomunikasi di Indonesia pun tak ketinggalan. Setelah sebelumnya melakukan perkenalan kepada khalayak, kini Telkom mulai memasarkan layanan televisi berbasis internet miliknya, yang diberi nama Groovia TV. Melalui layanan ini, penonton dapat mengatur jadwal menonton tayangan favorit, melakukan record, pause ,rewind ,forward terhadap program acara yang kita tonton.
Kalau kamu penasaran dan ingin tahu lebih lengkap tentang perkembangan produk-produk teknologi istimewa termutakhir datang saja ke booth Telkom dan merek-merek ternama lainnya di FKI 2011.

[ Dibaca 3153 kali oleh 2070 pengunjung ]


Leave a Reply