cat-right

Divisi Dalam Dunia EO (part3: Operasional)

Divisi Dalam Dunia EO (part3: Operasional) by SeputarEvent.com

Bagian ini boleh dikatakan sebagai ujung tombak sebuah event organizer. Seperti namanya, merekalah eksekutor lapangan dari sebuah event. Jika divisi penjualan dan divisi kreatif banyak bekerja sebelum event berlangsung, bagian operasional adalah si seksi sibuk yang akan bertanggungjawab pada flow sebuah event.

DIVISI EO

Divisi ini layaknya sutradara event. Mereka memastikan apa yang telah disiapkan berjalan seperti rencana. Koordinasi adalah sebuah kata kunci yang berhubungan erat dengan deskripsi kerja tim ini. Apakah tim kreatif sudah menempatkan creative work yang mereka kerjakan tepat di posisinya? Apakah tim IT sudah menyediakan jaringan koneksi yang dibutuhkan klien? Apakah tim logistik sudah mensupply semua kebutuhan barang sebelum acara dimulai? Semua adalah contoh detail-detail kecil yang harus dicek oleh tim operasional. Dan selain itu, masih sangat amat banyak lagi detail yang harus mereka pastikan kesiapannya.

Walaupun tugas utama mereka adalah eksekutor saat hari H, bukan berarti sebelumnya mereka dapat bersantai. Koordinasi dimulai jauh sebelum acara dimulai. Mereka harus memahami konsep acara, untuk kemudian meminta dan menerima kontribusi dari berbagai divisi. Memastikan siapa harus menyiapkan apa, dan kemudian memastikan hal tersebut benar-benar tersedia sebelum acara dimulai.

Karena itu, grafik ritme kerja mereka akan meningkat seiring dengan mendekatnya hari H. Pada hari H sendiri, ritme kerja tersebut akan mencapai puncaknya. Maka tidak aneh lagi kalau orang-orang di divisi ini bahkan harus bermalam on-site, di lokasi event. Bayangkan jika event berlangsung berhari-hari. Atau jika harus menangani rangkaian event dari kota ke kota misalnya.

Maka bagi mereka yang tertarik untuk tergabung dalam tim operasional, siapkan fisik dan mental. Kemampuan koordinasi dan team work adalah hal utama yang harus dimiliki. Mampu bergerak dan membuat keputusan cepat juga tak kalah penting saat menjalankan sebuah event. Hal ini akan berguna saat terjadi hal-hal yang tidak direncanakan sementara event sudah bergulir. Bagaimana? Tertarik?

[ Dibaca 4350 kali oleh 2363 pengunjung ]


Leave a Reply