cat-right

Pesta Halloween Terseru di Dunia

Dini W – seputarevent.com

Di bulan Oktober ini, hantu-hantu di seluruh dunia mulai gentayangan dari satu pesta ke pesta yang lain. Tentu bukan hantu betulan, melainkan orang-orang berkostum hantu yang sedang merayakan Halloween.
Menurut Wikipedia, Halloween berasal dari festival Samhain dari tradisi Irlandia Kuno. Festival tersebut merupakan perayaan akhir musim panen. Mereka percaya tanggal 31 Oktober pembatas antara dunia orang mati dan dunia orang hidup terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa masuk penyakit dan merusak hasil panen, maka pada festival tersebut dinyalakanlah api unggun, dan dikenakan kostum serta topeng untuk berpura-pura menjadi arwah jahat untuk kemudian berusaha berdamai dengan orang-orang mati.
Saat ini, perayaan Halloween lebih merupakan tradisi dan cara bersenang-senang yang digemari banyak orang-orang muda di berbagai kota besar di seluruh dunia. Sebagai kota metropolitan, Jakarta juga tidak terkecuali. Apalagi mengingat banyak expatriate yang tinggal di sini. Untuk inspirasi event Halloween, yuk simak pesta-pesta Halloween terbaik, terbesar dan terseru di seluruh dunia.

Tivoli

Pesta Halloween Tivoli
Tivoli adalah salah satu taman hiburan terkenal di Copenhagen, Denmark. Begitu meriahnya perayaan Halloween di sana, hingga event tersebut terkenal di seluruh dunia. Pada tanggal 31 Oktober, Tivoli dipenuhi dengan dekorasi Halloween di setiap sudutnya. Mulai dari lampion kecil, hingga labu berukuran raksasa. Para pegawainya pun berdandan dengan kostum-kostum hantu. Ada pula pertunjukkan Witches Circus, serta pameran labu terbesar di Denmark. Taman hiburan ini akan buka hingga malam dan permainan-permainan menantang adrenalin biasanya jadi favorit pengunjung.

Louisville Zoo
Selain di taman hiburan, agak tidak lazim rasanya merayakan Halloween di dalam kebun binatang. Tapi nyatanya Louisville Zoo justru menjadi salah satu venue pesta Halloween terkenal di dunia. Pada tanggal 31 Oktober, kebun binatang ini dipenuhi oleh orang-orang yang memakai berbagai kostum. Tidak hanya kostum hantu, tetapi juga superhero, princess, peri, serta berbagai karakter terkenal lainnya. Pesta Halloween di Louisville Zoo memang ditujukan sebagai acara keluarga. Diadakan guna meningkatkan jumlah pengunjung. Pada hari-hari biasa Louisville Zoo umumnya terlihat sepi pengunjung, tapi ketika Halloween Party digelar, tempat ini dipenuhi pengunjung berbagai usia yang rela berdandan dengan berbagai macam kostum. Halloween Party Louisville Zoo biasanya dimulai pada jam lima sore.

Las Vegas, Nevada
Tentu tidak mengherankan kalau kota ini menjadi salah satu venue pesta Halloween terkenal di dunia. Event apapun biasanya digelar dengan sangat meriah di sini. Tapi khusus untuk Halloween Party, Las Vegas mengadakan acara yang super meriah hingga menjadi salah satu Halloween Party terkenal di seluruh dunia. Acara yang bertajuk Fetish & Fantasy Halloween Ball ini ditujukan bagi orang-orang dewasa berusia di atas 21 tahun. Ada beberapa stage yang akan menampilkan berbagai performance, ada pula pertunjukkan laser, DJ kelas dunia, costume contest, dance floor yang sangat luas, dan berbagai hiburan serta kejutan di setiap sudut kota. Pada malam Halloween, Las Vegas akan berubah menjadi tempat yang menakutkan, sekaligus menyenangkan.

West Hollywood, California
Pesta Halloween Terseru di West Hollywood
Hollywood juga merupakan kota yang terkenal dengan gemerlapnya berbagai pesta. Salah satu yang paling terkenal adalah pesta kostum di Santa Monica Boulevard pada malam Halloween. Pesta ini disebut-sebut sebagai street party terbesar di Amerika Serikat. Kira-kira setengah juta orang hadir di pesta ini dengan mengenakan berbagai kostum, terutama kostum hantu. Sebagai puncak acara, diadakan carnival costume contest yang berlangsung di panggung utama pada malam tanggal 31 Oktober. Tetapi sebelumnya, sepanjang minggu, terus berlangsung berbagai macam acara dan pesta.

New York
Pesta Halloween Terseru di New York
Ratusan ribu orang New Yorker berkumpul di jalanan setiap malam Halloween tiba. Mereka semua mengenakan berbagai kostum unik, menikmati hiburan dari, setidaknya, 50 band lengkap dengan penari dan penyanyi serta seniman-seniman lainnya yang tampil sepanjang malam. Semakin malam, jumlah pengunjung akan membengkak, bahkan diperkirakan hingga mencapai dua juta orang. Begitu besarnya perayaan Halloween ini, stasiun televisi setempat selalu menayangkannnya secara live. Event yang bertajuk Greenwich Vilage Halloween Parade ini diciptakan pada tahun 1973 oleh pembuat topeng dan dalang pemain boneka dari Greenwich Village, hingga saat ini terus berlangsung dan menjadi salah satu tradisi New York.

Atlanta, Georgia
Masyarakat Atlanta di Amerika Serikat yang tidak bisa menghadiri Greenwich Village Halloween Parade di New York memilih untuk membuat pesta Halloween nya sendiri. Pesta ini berlangsung setiap tahun pada weekend terdekat sebelum tanggal 31 Oktober. Begitu serunya event ini, Little Five Points Halloween Festival and Parade pernah mendapatkan award sebagai festival termeriah. Event ini adalah event untuk semua umur. Anak-anak kecil hingga orang dewasa berkumpul untuk mengikuti berbagai acara, seperti lomba menggambar, hingga pertunjukkan-pertunjukkan spektakuler. Tentu semuanya dibalut dengan kostum-kostum unik dan dekorasi labu di sana-sini. Event ini memang lebih mengedepankan kemeriahan dibandingkan seram-seraman dengan tokoh-tokoh hantu.

Siapa yang tak kenal kapal Queen Mary yang legendaris? Sejak tahun 1936 ia adalah kapal penumpang yang melayani rute Inggris – Amerika Serikat. Kapal ini pun pernah menjadi kapal pengangkut tentara yang akan ikut berperang pada Perang Dunia kedua. Hingga kemudian pada tahun 1967 Queen Marry pensiun dan ditambatkan di Long Beach, California, Amerika Serikat untuk kemudian dialihfungsikan sebagai restoran, museum dan hotel. Queen Marry juga terdaftar sebagai warisan nasional yang harus dilestarikan. Mengingat panjangnya sejarah Queen Mary, tidak heran banyak rumor beredar mengenai hantu-hantu yang gentayangan di dalam kapal ini. Karena itu Queen Mary pun menjadi venue perayaan Halloween yang sangat terkenal di seluruh dunia. Pada malam Halloween, Queen Mary didandani dengan dekorasi yang jauh lebih menyeramkan lagi daripada biasanya. Pengunjung ditantang untuk berjalan melewati lorong-lorong di dalam kapal ini. Ada tujuh tempat yang menyimpan misteri menyeramkan. Jika berhasil melewatinya, silahkan memasuki Purgatory Park di mana pesta dipusatkan dengan penampilan live band, atau berdansa di Dome of Doom yang juga menawarkan kemeriahan Halloween tersendiri.

[ Dibaca 21275 kali oleh 7490 pengunjung ]


Leave a Reply